Saturday, May 10, 2008

Masuk Angin

Sebenernya masuk angin itu dalam istilah kedokteran apa si?

Common Cold? Slight Cold?

Tapi kalau diliat dari gejala2nya perasaan beda ah antara masuk angin dengan 2 hal di atas.

Memang orang Indonesia punya kata spesial buat penyakit yang satu ini. Kalau bahasa Inggrisnya mungkin yang paling pas ialah "catching a cold".

Masuk angin is a symptom of getting sick (usually the incubation period of getting flu/cold). The symptoms are: feeling dizzy, body temperature is above normal (but you feel cold, like a fever), you feel sick inside your stomach (wanting to throw up, similar to feeling seasick if you've ever been in that situation), and cold sweats.

Tapi rata2 orang Indonesia kalau badannya ga enak pasti bilangnya ---> Masuk angin.

Dan biasanya orang Indonesia melakukan kerokan, massage, sauna, flu medicine, or traditional jamu sebagai cara mengatasinya.

Untuk menyembuhkan masuk angin biasanya melakukan kerokan. Tujuannya agar anginnya keluar. Padahal penyebab penyakit seperti demam, pegal-pegal bukanlah angin yang masuk ke dalam tubuh. Melainkan karena infeksi suatu virus.

Bagaimana sebenarnya cara kerja kerokan?
Sebetulnya proses terapi kerokan cukup sederhana, yakni membuat suatu reaksi inflamasi atau radang yang mengakibatkan melebarnya pembuluh darah. Nah, dengan dikerok, terjadilah pelebaran pembuluh darah yang akan melancarkan aliran darah. Jika aliran darah lancar maka lebih banyak oksigen dan nutrisi masuk untuk jaringan otot.

Istilah “masuk angin” tidak ada dalam terminologi kedokteran. Menurut pendapat sumber yang saya kopi tulisannya berikut ini, istilah tersebut kemungkinan merupakan warisan nenek moyang (khususnya suku Jawa) untuk menyebutkan suatu gejala dan bertahan hingga sekarang. Terlebih dengan adanya iklan-iklan memanfaatkan istilah “masuk angin” di media.

Tapi menurut saya, yang pasti masuk angin itu sangat annoying.

Bikin saya kebangun tidur jam 12 malem karena badannya sakit2, trus nge-blog.






http://cakmoki86.wordpress.com/2007/07/20/masuk-angin-istilah-beragam-makna/
http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=31194

2 comments:

Eucalyptus said...

Masuk angin kan hanya istilah di Indonesia aja, makanya ada istilah kerokan.. he he he

DESITA said...

tp kerokan ga cuma ada di indonesia! masuk angin bahasa inggrisnya ada loh. enter the wind. kekek. ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...